IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Lantaran Cinta Beda Agama Dua Gereja di Kairo Dibakar September 13, 2012

Filed under: Uncategorized — IRIndonesia @ 11:44 pm
Tags:

Hubungan cinta antara dua insan beda agama diduga menjadi penyebab bentrokan umat beragama lain dengan umat Kristen di Kairo. Bentrokan tersebut menyebabkan sekira 12 orang tewas dan dua buah gereja dibakar, kemarin. Gereja yang terbakar itu adalag gereja St Mina dan St George di kawasan pemukiman Kristen Koptik di desa Soul, Atfif Helwan Governorat, 30 kilometer dari Kairo. Seorang pendeta bernama Father Yosha dan tiga diaken yang berada di gereja diduga tewas dalam aksi anarkis tersebut. Beberapa jemaat lainnya, seperti dilansir Aina.org ditawan oleh kelompok tersebut.

Pemerintah berupaya meredam meluasnya insiden ini dengan memberlakukan jam malam di desa yang dihuni sekira 12.000 umat Kristen itu. Hubungan asmara antar pemuda yang menjadi penyebab tragedi ini bermula dari Iskander Ashraf jemaat Kristen Koptik yang berhubungan dengan seorang gadis berasal dari agama Islam.

Protes datang dari sepupu keluarga gadis yang tidak menyetujui hubungan itu, dan menginginkan agar gadis itu dihukum mati karena telah mempermalukan nama keluarga. Hasilnya, ayah sang gadis dibunuh sang sepupu. Keluarga dari pihak si ayah pun menuntut balas. Pemukiman sang gadis pun menyalahkan Iskander Ashraf atas hal ini. Massa pun, menurut jawabanews, menyerang pemukiman Iskander dengan meledakkan tabung gas di dalam gereja. Aktivis Ramy Kamel yang bekerja di advokasi Koptik Katibatibia menyebutkan, setelah kejadian itu dirinya segera menghubungi para pendeta dan diaken yang ada di dalam gereka saat kebakaran terjadi. Namun tidak ada jawaban dari ponsel mereka.

Sumber dari sini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s