IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Masjid Al-Hasanah dan Nurul Huda di Samosir Bertetangga dengan Gereja HKBP August 9, 2011

Banyak yang tak tahu keberadaan Islam ataupun bangunan masjid di Samosir terkait anggapan masya­rakat bahwa agama yang dianut suku Batak Toba adalah Kristen. Namun tak begitu halnya di Pulau Samosir.

Setidaknya masih berdiri kokoh masjid Nurul Huda yang menjadi bukti sejarah Islam te­lah ada di Samosir puluhan ta­hun yang lampau. Masjid Nurul Huda terdapat di Desa Turpuk Sihotang, Harian, Samosir. Dan di jalan Danau Toba, Pangu­ru­ran, masih berdiri bangunan tua sisa-sisa peninggalan jaman Be­lan­da, di antaranya rumah dinas Bupati Samosir dan di sebelahnya berdiri Masjid Al-Hasanah.

Untuk mencapai Kecamatan Harian, dari Pangururan kita bisa menggunakan transportasi darat masuk ke Simpang Got­ting ataupun bertolak dengan kapal. Namun transportasi da-nau yang akan ke Harian hanya ada pada siang hari, yakni kapal yang mengangkut anak sekolah. Jika kita melalui jalan darat, se-panjang perjalanan kita bisa menikmati pemandangan alam pegunungan, dengan sisi jalan yang yang terkadang memperlihatkan jurang, tebing, atau hamparan tanaman ataupun rumput liar.

Salah seorang jemaah mas­jid tersebut, Sihotang (48) me-nuturkan bahwa dianya tidak me­ngetahui secara pasti tahun berdirinya masjid tersebut. Tapi menurut cerita para orang tua, masjid Nurul Huda telah berdiri di Harian sejak tahun 1940. Awalnya lokasi masjid berada di sekitar rumah penduduk, na-mun beberapa tahun yang lalu, dipindah ke lokasi yang seka-rang dan telah direnovasi Okto-ber 2003 yang lalu.

Sihotang menuturkan lebih lanjut, keberadaan Islam di Ha-rian sudah dari kakek buyutnya sudah menganut agama Islam. Masjid Nurul Huda dengan jamaah sekitar 40 kepala keluarga dan semuanya adalah suku Batak asli, ada yang marga Sim-bolon, Malau ataupun marga-marga lainnya.

Beranjak ke Pangururan, Sa-mosir yang mempunyai banyak potensi wisata alam selain Da­nau Toba itu masih berdiri bangunan tua sisa-sisa peninggalan jaman Belanda, di anta­ranya pe­sanggrahan dan di sebelahnya berdiri Masjid Al-Ha-sanah.

Masjid di tengah kota Pangu­ruran yang mayoritas penduduknya beragama Kristen serta salah satu kota yang menjadi pusat kebudayaan Batak Toba, terasa menyejukkan. Ka-rena masjid ini juga menjadi perlambang kerukunan beragama di Pangururan dimana bersebelahan dengan Masjid Al-Ha­sanah, berdiri Gereja HKBP Pa­ngururan Kota.

Sesaat sebelum Maghrib, masyarakat yang hendak sholat ada yang duduk ataupun berdiri menikmati indahnya pemandangan di sekitar masjid. Hal yang menimbulkan takjub dari setiap yang menikmatinya dan sema­kin memompa semangat untuk lebih mendekatkan diri pada Illahi untuk bersujud dan mengucap syukur atas segala nikmat dan ridhoNya.

Yusuf Manik (26) pengurus masjid menuturkan bahwa Mas-jid Al-Hasanah awalnya hanya­lah sebuah mushola. Pada ja-man pemberontakan, seorang tentara yang betugas di Pangu-ru­ran hendak Sholat, namun tidak ada masjid ataupun mushhola. Tentara tersebut melontarkan gagasan mendirikan mushola di Kota Pangururan dan terealisasi sekitar tahun 1975. Seiring perkembangan wak­tu, tahap demi tahap mu­shola tersebut dibangun sehingga seperti sekarang.

Yusuf Manik yang kerap dipanggil Pak Ustad menjelaskan bahwa jamaah di Masjid tersebut sekitar 60 orang. Hari biasa ataupun Jumatan, perbedaannya tidak terlalu signifikan. Tapi saat sholat tarawih, jadi agak ramai karena ibu-ibu atau­pun kaum perempuan banyak yang hadir. Kadang warga pendatang ataupun musafir juga kerap singgah.

Kerukunan umat beragama seperti yang nyata dari Pangu­ruran yang dapat terjaga dengan baik, semoga di belahan dunia manapun kerukunan umat beragama tersebut dapat juga terwujud.

Sumber dari sini.

 

One Response to “Masjid Al-Hasanah dan Nurul Huda di Samosir Bertetangga dengan Gereja HKBP”

  1. SparKyu Says:

    ?!?!?!¡¿¡¿¡¿¡¡¡\¿\¿\¿¡¿¡¿¡©©


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s