IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

San Diego Hills March 28, 2011

Filed under: Hotspot — IRIndonesia @ 5:45 pm
Tags: ,

Mendengar kata “makam”,boleh jadi sebagian besar orang akan mengidentikkan dengan suasana menyeramkan. Pemakaman sebagai tempat peristirahatan terakhir sering kali pula disandarkan pada kata angker.

Tapi, tidak demikian dengan San Diego Hills, sebuah lokasi kompleks pemakaman yang dirancang jauh dari istilah angker. Kompleks pemakaman seluas 500 hektare di wilayah Karawang, Jawa Barat ini merupakan proyek properti prestisius PT Lippo Karawaci Tbk. San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes sejak awal didesain melalui studi mendalam dengan mengadopsi taman pemakaman terkemuka dunia, Forest Lawn Memorial Parks dan Mortuaries di California, Amerika Serikat (AS). Karena itu, jangan pernah membayangkan sebuah suasana angker di kawasan ini.

Seperti disebutkan dalam situs resminya, San Diego Hills merupakan kawasan pemakaman pertama di dunia yang menawarkan kelengkapan fasilitas dan layanan berkualitas seperti taman pemakaman eksklusif, danau seluas 8 hektare, kapel, musala, restoran Italia, kolam renang, toko bunga (florist) dan toko cendera mata (gift shop), padang rumput asri bagi aktivitas alam bebas (outdoor activity), hingga gedung serbaguna berkapasitas 250 orang. Kawasan ini juga kerap digunakan mereka yang melangsungkan pernikahan. Di daerah pemakaman ini juga terdapat fasilitas layaknya taman rekreasi seperti jogging track yang bisa dinikmati bersama keluarga di tengah hamparan pemandangan indah yang panjangnya 3,5 km mengelilingi Danau Lake Angeles dengan suasana alam menyegarkan.

Di area pemakaman ini orang juga dapat mengayuh sepeda karena ada bicycle track. Lengkap pula dengan kolam renang yang berada di teras La Collina Restaurant dan buka setiap hari. Keakraban keluarga pun semakin terasa dengan adanya camping ground & outing. Lingkungan asri dan keamanan yang terjamin membuat keluarga nyaman menikmati petualangan yang menggembirakan. Untuk mengenang orang tua yang sudah meninggal, keluarga juga bisa mengadakan pesta pernikahan di tempat ini. Kompleks pemakaman ini seakan memberikan pesan bahwa orang yang dikubur di sana akan dengan mudah dikunjungi semua kerabat keluarga dengan penuh gembira. “Sebuah tempat yang pantas untuk mengantar dan mengenang kepergian mereka menuju alam keabadian sekaligus nyaman dikunjungi seluruh keluarga yang ditinggalkan,” begitu tulis pengelola di halaman situs resminya.

Mengingat pemakaman identik dengan kepercayaan, pengelola kawasan ini berusaha merangkul semua agama yang ada di Indonesia. Sejumlah tempat ibadah juga didirikan di areal seluas 500 hektare ini. Pengelola juga memberikan jaminan bahwa pengelolaan pemakaman ini berpegang pada pandangan semua agama. Mereka menyadari bahwa mengantar dan mengenang orang-orang yang telah berpulang haruslah dilakukan dengan cara yang benar menurut kaidah, pantas, khusuk, dan khidmat. Dengan demikian pelayanan dirancang untuk menghormati tata cara penguburan yang sesuai bagi setiap penganut agama dan tradisi yang majemuk di Indonesia tanpa mengurangi kedalaman nilai-nilai spiritualnya.

Sumber dari sini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s