IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Candi Plaosan March 28, 2011

Filed under: Hotspot — IRIndonesia @ 5:47 pm
Tags: ,

Candi Plaosan mungkin belum banyak orang mengetahui keberadaannya, bahkan mungkin sejarah dari komplek bangunan tersebut. Memang, karena candi ini belum se-terkenal candi prambanan, Borobudur, Besakih, dan lainnya. Namun, jika kita telisik lebih jauh lagi, di komplek percandian inilah banyak sekali data-data sejarah peradaban bangsa Indonesia yang dapat kita baca.

Kompleks Candi Plaosan terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Candi ini dapat dijumpai dari Jogja menuju ke arah Solo, tepatnya di Klaten. Jarak dari Jogja ke Prambanan (Candi plaosan berada kurang lebih 1-2 km dari candi prambanan) tidak terlalu jauh, ditempuh sekitar 45 Menit dari Jogja dengan jalan santai berkendara.

Candi Plaosan ini dapat dikatakan sebagai bukti fisik perpaduan antara agama Budha dan Hindu. Mengapa demikian? Berdasarkan latar belakang sejarahnya, candi ini memang dibangun oleh dua orang yang memiliki perbedaan latar belakang agama. Sri Kahulunan atau Pramodhawardani ialah anak dari pembesar wangsa syailendra yang beragama Budha, sedangkan Rakai Pikatan merupakan salah satu raja mataram Kuno yang beragama Hindu. Kedua insan tersebut kawin dan akhirnya mendirikan bangunan suci.

Arsitektur agama Budha dapat kita lihat pada keberadaan dua buah candi induk bersama stupa-stupa kecil yang mengitari candi induk, sedangkan arsitektur agama Hindu dapat kita lihat pada candi-candi perwara yang juga mengitari candi induk. Seluruh kompleks Candi Plaosan memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara.

Mungkin Rakai Pikatan serta Pramodhawardani ingin memberikan pesan kepada kita semua, bahwa perbedaan, entah agama, suku, ras, bukanlah sebagai penghalang untuk menuju kehidupan yang lebih baik lagi. Namun dapat dijadikan sebagai pemacu untuk dapat memandang perbedaan sebagai hal yang lumrah, tentunya demi kehidupan yang lebih baik.

Sumber dari sini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s