IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Lokesh dan Amreen February 23, 2011

Filed under: Tokoh — IRIndonesia @ 10:31 am
Tags: ,

Sepasang kekasih yang berbeda agama dilaporkan telah melakukan aksi bunuh diri setelah panchayat (dewan desa) memerintahkan mereka untuk berpisah atau menghadapi kematian.
Melansir pemberitaan BBC, disebutkan, si wanita bernama Amreen adalah pemeluk agama Islam sementara si prianya bernama Lokesh, pemeluk agama Hindu. Cinta mereka tidak dapat diterima masyarakat setempat.

Peristiwa mirip Romeo dan Juliet ini terjadi di Desa Phaphunda, Uttar Pradesh, India. Seperti layaknya tempat lain di kawasan itu, desa tersebut kecil dan tidak begitu menonjol. Para penduduk desa, sebagian besar petani, tinggal di rumah-rumah yang dibangun berdempetan, dan gang kecil di sampingnya. Kereta kuda dan ternak berlalu lalang, dan bila berada di desa ini, ibukota Delhi terasa begitu jauh.

Kepala desa Phaphunda, Achan Singh, menjelaskan, “Insiden itu bermula dari para tetua kedua keluarga. Mereka diberitahu bahwa perkawinan mereka tidak akan diijinkan. Mereka harus berpisah atau mereka akan dibunuh.”

Dia menambahkan, “Di desa kami, pemeluk Hindu kawin dengan orang Hindu dan Muslim dengan Muslim. Sangat menyedihkan apa yang terjadi, namun apa yang anda harapkan? Tekanan terhadap keluarga mereka sangat besar. Mereka dibuang.”

Ayah Amreen, Salim, kelihatan tampak cemas. “Kedua keluarga tidak mau mereka menikah. Namun tidak ada yang mengancam mereka,” katanya.

“Dia anak manis, lugu dan pandai baca Quran. Hanya Tuhan yang tahu mengapa dia nekad lari dengan pria itu. Kami semua sangat sedih atas apa yang terjadi,” tambah Salim.

Pasangan itu jatuh cinta karena Lokesh sering beli susu di rumah Amreen. Namun, karena pernikahan mereka dilarang, akhirnya keduanya mengakhiri hidup dengan menenggak racun. Pihak berwenang memiliki undang-undang namun para penduduk desa mempertahankan tradisi lama dan mereka akan tetap mempertahankannya.

Sumber dari sini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s