IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Fajar Handika Purbandhani dan Marianne Suksmasari January 19, 2011

Filed under: Tokoh — IRIndonesia @ 5:41 pm
Tags:

Assalamu alaikum,

Atau shalom aleichem, menurut orang-orang timur tengah dalam bahasa yang lebih tua, bahasa ibrani. Atau cukup kita terjemahkan saja dengan salam sejahtera bagimu dalam bahasa Indonesia.

Perkenankan kami, Marianne Suksmasari dan Fajar Handika Purbandhani, mengumumkan bahwa kami telah menikah pada tanggal 19 Agustus 2006 di Indonesia.

Kami telah mengenal satu sama lain dari tahun 1996 di sebuah Sekolah Menengah Negeri di Yogyakarta, walau kedekatan kami baru dimulai sejak tahun kemarin setelah pertemuan kami kembali pada bulan September tahun lalu. Berbagai macam hal membuat kami dekat, salah satunya adalah kesamaan pandangan universal kami terhadap bangsa dan agama.

Perjalanan menuju pernikahan kami cukup berbelit dan merupakan emotional challenge bagi kami, bukan karena perbedaan agama kami, tapi karena beberapa orang di birokrasi lokal seakan menyulitkan niat kami untuk menikah dengan perbedaan cara kami untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Sempat kami dipaksa untuk ‘mengalah salah satu’ atau dengan kata lain menyuruh salah satu diantara kami untuk berpindah agama demi melegalkan secara hukum niatan kami untuk menikah. Pilihan menikah di negara lain pun kami tolak, karena kami lahir di Indonesia, tinggal di Indonesia, dan kami cinta negara kami ini.

Kami sadar, bahwa perjalanan sejarah agama kami sangat panjang, getir, serta sangat berliku. Diwarnai oleh berbagai perang, dan penuh syak wasangka, serta stigma-stigma negatif yang masih sangat kental menyertai. Bahkan terkadang pada kalangan tertentu, interpretasi yang berbeda pada kitab suci milik satu diantara disebut telah melarang pernikahan kami ini. Kami maklum, sejarah kami memang pahit, dan telah membuahkan berbagai macam pandangan yang kadang sudah sangat mengakar dalam.

Bagi kami, agama adalah suatu hal yang sangat personal, dan merupakan relasi vertikal kami terhadap Tuhan kami yang satu, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Tuhan semua umat manusia. Dan agama merupakan hak dimana negara ataupun individu yang tergabung didalamnya tidak mempunyai hak untuk menyuruh kami berganti agama ketika kami akan menikah.

Banyak pihak yang kemudian mengetahui masalah kami dan kemudian membantu kami dengan tulus ikhlas, sehingga berbagai masalah birokrasi akhirnya berhasil diselesaikan secara legal tanpa kami harus berpindah agama, tanpa harus mencantumkan agama yang bukan agama kami di KTP kami.

Kami sungguh bersyukur. Alhamdulillah. Atau Halelu Yah dalam bahasa ibrani. Atau cukup kita terjemahkan saja dengan terimakasih Tuhan dalam bahasa Indonesia.

Rangkaian prosesi pernikahan kami dilakukan pukul 7.20, yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan ijab qobul yang dipimpin oleh penghulu. Berikutnya adalah pencatatan sipil, bukan KUA (agak lucu juga di negeri kita ini, KUA yang kepanjangan dari Kantor Urusan Agama hanya melayani masyarakat dari satu agama saja), dan dilanjutkan oleh pemberkatan nikah yang dipimpin oleh pendeta. Akad nikah ditutup oleh doa bersama lintas iman dan selesai pada pukul 10:00.

Akhir kata, kami ingin mengucapkan kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelenggarakan pernikahan kami ini, para panitia, keluarga kami baik dekat maupun jauh yang telah hadir, Bapak ustadz dan Bapak pendeta, petugas pencatatan sipil, teman-teman kami, para birokrat yang berpandangan universal di negeri kita tercinta ini. Karena ini adalah artikel publik, dan mungkin ada beberapa kalangan yang tidak setuju, maka sepertinya tidak perlu kami sebut satu persatu walau dalam hati kami ingin sekali.

Wassalam. Shalom. Salam Sejahtera.

Andy & Sari.

Sumber dari sini

 

One Response to “Fajar Handika Purbandhani dan Marianne Suksmasari”

  1. tomi Says:

    entah mengapa saya nyasar kesini mba ade😀 Dan ternyata luar biasa perjuangannya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s