IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Xpresi Riau: Pacaran Beda Agama? January 18, 2011

Filed under: Esai — IRIndonesia @ 12:07 pm
Tags:

Dear teman…

Aku mau curhat ni tentang masalah yang sedang menimpaku, aku sayang banget sama pacarku. Tapi ada masalah besar yang menimpa hubungan kami. Yups, aku dan dia beda agama, lalu aku harus gimana ya?

NAH gimana rasanya kalo kamu menerima curhatan seperti hal di atas? Pasti bingung, kan. Soalnya ini menyangkut hubungan hati antara dua orang dengan perbedaan keyakinan.

Dan, sebanyak 59,2 persen sobat Xpresi (sobeX) ternyata pernah mengetahui hubungan dua orang yang beda agama. Sedangkan sisanya (40,8 persen) mengatakan nggak tahu tentang hubungan orang di sekitarnya. Orang yang pacaran agama itu, menurut sobeX mulai dari teman (66,2 persen), tetangga (11,3 persen), adik (9,9 persen), dan kakak (7,0 persen). Uniknya, sobeX (5,6 persen) sendiri rupanya juga pernah pacaran beda agama.

Kalo ngebahas yang namanya perbedaan pasti nggak bakalan abis-abis. Nah, kali ini yang bakalan kita bahas adalah gimana bisa temen-temen kita itu pacaran beda agama, simak deh komentar dan pengakuan dari orang-orang terdekat mereka.

SobeX pertama yang bakalan cerita sama Xpresi adalah Neysha Verlanda. Gadis mungil yang berkerudung ini mengaku kalo temennya sudah pacaran beda agama sejak dari SMP. Menurut gadis penggemar Afgan ini, awalnya si temen yang melakukan pacaran beda agama itu tertarik melihat wajah sang cowok yang menurutnya cakep, walaupun dia tahu kalo cowok itu beda kepercayaan dengan dirinya. Dan, mereka pun jadian.

”Aku udah ngingatkan dia dengan berbagai cara, tapi tetap aja dia kukuh dengan pendiriannya untuk tetap menjalin hubungan dengan cowoknya itu. Bahkan orang-orang di sekitarnya pada mengingatkannya juga. Mereka berhubungan selama bertahun-tahun,” kata siswi MAN 2 Model Pekanbaru ini.

Meski Neysha nggak suka dengan hubungan beda agama yang dijalani oleh temannya itu, namun ia berusaha untuk tetap bersikap baik dan nggak memojokkan pacar dari si temen. Sebab, menurutnya lagi, nggak ada yang mesti disalahkan dari hubungan yang dijalani oleh temennya itu.

Diana Hana juga mau berbagi cerita tentang temennya yang pacaran beda agama. Cerita gadis yang sekolah di SMAN 8 Pekanbaru ini, hubungan antara temennya itu bermula dengan naksir-naksiran biasa tanpa diketahi oleh kedua orang tua mereka.

Setelah berjalan terus, lama-kelamaan orang tua dari pihak si cewek mulai mencium gelagat sehingga mulai curiga dengan hubungan yang dijalani oleh mereka. Tapi karena temennya pintar bersilat lidah tetap aja hubungannya itu bisa ditutup-tutupi.

Namun sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh juga. Hal itulah yang terjadi pada teman Diana. Setelah berusaha menyimpan hubungan beda agama yang dijalani olehnya, akhirnya suatu hari orang tuanya memergoki teman Diana itu sedang jalan berdua dengan pacarnya. Alhasil saat itu juga orang tua si cewek langsung meminta mereka mengakhiri hubungan yang mereka jalani itu.

Menurut Diana sendiri, dia nggak setuju juga dengan hubungan yang dijalani oleh temennya itu. Tapi karena dia nggak ingin merusak hubungan pertemenan yang telah lama dijalinnya, akhirnya ia lebih memilih diam.

”Aku memang nggak setuju dengan hubungan yang dijalani oleh sahabatku itu, tapi aku nggak mau merusak pertemenan aku, jadi sekali aku jelaskan, aku nggak mau lagi mengulang-ngulang,” ujarnya.

Antara Tabu dan Have Fun

ZAMAN sekarang ini, pacaran beda agama memang telah banyak kita temui di kehidupan sehari-hari. Padahal, pacaran beda agama itu masih dianggap tabu. Namun dengan berbagai alasan, salah satunya have fun, banyak orang yang tetap melakoni hubungan itu. Fajar Alamsyah Akbar bercerita tentang sepupunya yang mempunyai pacar beda agama. Berawal dari menginap di rumah sepupunya itu, dia mendengar sepupunya sedang menelpon pacarnya.

Karena kaget si sepupu telah memiliki pacar, akhirnya dengan sedikit rasa penasaran, Fajar begitu panggilan sehari-hari cowok tinggi ini, langsung bertanya mengenai identitas pacar sepupunya itu. Tapi alangkah terkejutnya Fajar ketika sepupunya memberitahukan bahwa hubungan yang dilakoni oleh sepupunya itu adalah hubungan beda agama. ‘’Aku shock saat mendengarnya. Sepupu aku itu bilang, itu dilakukannya hanya sekedar have fun,” kata siswa SMAN 9 Pekanbaru ini.

Menurut cowok yang hobi basket ini, apapun alasannya pacaran beda agama tetaplah dilarang. Apalagi dengan alasan have fun. Karena itulah yang telah ditanamkan oleh keluarganya sejak dirinya masih kecil.

“Aku sih nggak pernah berharap atau berpikir bakalan pacaran beda agama. Karena menurutku itu memang nggak dibenarkan. Pokoknya jangan sampai deh,” tuturnya.

Sumber dari sini

 

One Response to “Xpresi Riau: Pacaran Beda Agama?”

  1. Thx untuk artikelnya.

    Di sini ada link untuk memahami pacaran yang benar, silahkan dilihat. Pasti akan memberkati Anda!

    http://datinginsightindonesia.wordpress.com

    Apa ruginya pacaran masa SMA? Silahkan simak di bawah ini:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s