IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Aryan Pramudito Dan Indira Bayurini January 18, 2011

Filed under: Tokoh — IRIndonesia @ 12:21 pm
Tags: , ,

Berikut adalah pengalaman Nikah Beda Agama dari Indira Bayurini (@indikawetjes) yang dibagikan di Twitter:

1. Saya muslim dan @aryanbul katolik

2. Gue dinikahkan DR.Z dan dibantu mbak I

3. Gw & @aryanbul pacaran 8thn. di 2thn terakhir kami bener2 cari, gimana cara NBA yang ga perlu ke LN dan juga ngga curang..

4. Kenapa cari yang begitu? Karena setelah saya bilang sama ibu, saya mau kawin sama @aryanbul , syarat dari dia cuma HARUS ADA AKAD NIKAH

5. Kalo ke LN kan sudah jelas ga mungkin ada akad tooh? Tapi @aryanbul juga ga mau cheating dengan merubah agama di KTP demi melakukan akad

6. Sampai pada satu hari, di pernikahan sepupu, kami berkenalan dengan seorang Romo yang bilang : “siapa bilang ga bisa? Sini tak bantuin!”

7. Jujur saja, justru pada saat2 itu, gue udah nyerah. Sempet kepikir, “yaelaah..susah amat sik? Cari laki laen aja apa ya?” *maap ya suami..*

8. Akhirnya kami terhubung dgn satu instansi yg memfasilitasi pernikahan beda agama. Gue banyak tanya, supaya bisa meyakinkan ibu

9. Alhamdulillah, akhirnya ibu mau restu. Saat @aryanbul ngmg sama ibu mau ngawinin saya, dia cuma bilang “saya titip indi ya..”

10. Jelas tidak ada masalah dari pihak keluarga @aryanbul karena ortu-nya juga beda agama. Komposisinya juga sama, Katolik-Muslim.

11. Awalnya kami mau menikah di tgl 1 Juni 2007, biar pas di tgl jadian. Tapi ibu saya -yg sebenernya ga jawa2 amat- bilang tanggalnya ga oke..

12. Akhirnya terpilihlah 1 September 2007 sebagai tanggal manis. Jam 9pagi pemberkatan di Gereja. Jam 1 akad nikah di Omah Sendok.

13. Jgn dikira semua lancar kaya Cipularang jam 5pagi. Justru pertanyaan dan pernyataan menyakitkan, datang dari kerabat, bahkan yg terdekat..

14. Segala : “kalo diberkatin di gereja itu, otomatis kamu langsung jadi Katolik!” #ngok *ada belajar agamanya dulu kaleee..* –‘

15. Ini catatan buat kalian : saat sudah serius menjalankan ini dan sudah ada restu dari ortu, maka dengarkan pendapat dari keluarga inti SAJA

16. Bapak saya meninggal sebelum saya ketemu @aryanbul . Jadi, wali nikah saya adalah adik saya satu2nya yang paling ganteng itu..

17. Kesulitan terbesar saya adalah mencari saksi nikah. Bahkan pakde yang sudah saya anggap sebagai pengganti bapak pun ngga mau

18. Alasannya, takut dosa jadi saksi pernikahan yang dipercaya HARAM ini.. #ngik

19. Akhirnya kutemukan saksi nikah paling ganteng sedunia. Krn sbelum jadi saksi, dia cukur dulu & jadinya TELAT. Org itu adlh @adhihimawan

20. Perkenalkan, @adhihimawan ini mantan pacar saya waktu SD *malu* pacar pertama yang menyaksikan pernikahan saya dengan pacar terakhir

21. 1 September 2007. Kami menikah dengan tata acara 2 agama. Dicatatkan di Catatan Sipil, di JAKARTA. *ga prlu jauh2 ke Bali atau luarnegri*

22. Kalo urus-urus surat mah biasa ya? Nanti semuanya akan ngalamin kok. N1,N2, N3, N-150 BISA! *sutris*

23. Mulai dr KPP aja yaa.. Kursus Persiapan Pernikahan. Kursus ini datang dr pihak Gereja Katolik. Gw gatau,kl di agama lain ada ga sih?

24. Mau kawin kok pake kursus segala? Iya! Mnurut gue, ini penting banget, layaknya lo ga akan lancar maen piano, kalo ngga pake belajar dulu.

25. Kursus cuma 3 hari, ini salahsatu syarat kalo mau nikah sama org Katolik. Ga punya ijasah kursus, gabisa kawin lah kau!

26. Isinya, pembekalan mulai dari hubungan ke-Tuhan-an, hub dgn pasangan, gimana nanti terjun ke masyarakat, sampeee itung2 uang belanja..

27. Abis itu, kita lewati Penyelidikan Kanonik. Oh, apalah lagi itu?

28. Kanonik adlh sesi tnyjwb, yg penting juga, karena Katolik mementingkan “apa yg sudah di satukan Tuhan, tak dapat diceraikan oleh manusia”

29. Apakah menikah tanpa paksaan? Apakah dalam keadaan sadar? Apakah tidak dalam ikatan pernikahan dgn org lain? – gitugitu deh..

30. Kanonik selesai, lalu diumumkan rencana pernikahan kami, 3minggu brturut2. Kali aja tiba2 ada yg dateng geret2 bawa anaknya @aryanbul

31. Datanglah tanggal 1 September 2007. Setelah semaleman ngga bisa tidur, jam 5 pagi gw siap ngelenong..

32. Jam 9 pagi, saya siap dinikahi. Kami diberkati di Gereja St. Matias. Keluar dari gereja, agama saya tetep Islam.

33. Setelah pemberkatan, pernikahan kami di catatkan di Catatan Sipil. Sampai situ, semua lancar. Kami siap meluncur menuju satu prosesi lagi

34. Akad nikah pun Alhamdulillah berjalan lancar. @aryanbul ngga disuruh baca kalimat syahadat, karena itu bukan syarat mutlak.

35. Syarat akad nikah itu hanya 5 : (1) ada mantennya; (2) ada wali nikah; (3) ada saksi; (4)ada mas kawin; (5) ada ijab kabul

36. Demikian. Kami sah sebagai pasutri sesuai iman kami masing2. Kami sah sebagai pasutri di hadapan negara dan di catatkan di Catatan Sipil

37. 9 Juni 2008. Lahir Nandanaga Jyestha Sokhyatara (Naga). Muslim. @aryanbul minta pakde saya kumandangkan adzan pertama

38. 29 Juli 2009. Lahir, Gadis Nuancaya Baighya. Katolik, diberi nama baptis Khadia, gabungan dari St.Chaterine dan Khadija

39. Tadi ada yang tanya, selama NBA pernah debat agama ngga sih? Mmmm.. Mungkin bukan debat, lebih ke tanya2 dan membahas bersama..

40. Yang akhirnya, bikin kita berdua jadi saling mengerti agama pasangan masing2. Bahkan kadang @aryanbul lebih tau banyak ttg Islam drpd gue.

41. Gue yang bawaannya “gonggong” kalo ada yg ngeselin, justru jadi lebih galak kalo ada yg colek2 urusan agama di keluarga gue.

42. Kita jadi ngga pernah pilih2 temen dari agama apapun. Yang terpenting, pertanyaan “agama lo apa?” udah pasti jadi daftar terakhir.

 

30 Responses to “Aryan Pramudito Dan Indira Bayurini”

  1. and i’m in teary eyes one more time. brengskiiiiii i love you both🙂

  2. minipunpun Says:

    trima kasih u/ sharingnya🙂

  3. lampor Says:

    Memang Cinta itu Buta.

  4. puti Says:

    wow.. nice story… sama seperti yg saya lakukan… menikah dgn 2prosesi… tp iman tetap masing2…

  5. Terharu bacanyaaaa :”””) Semoga aja besok aku sama pacarku juga kaya gitu. Amin🙂

  6. ichwan Says:

    trima kaseh ..sharingnya…kebetulan..persis yg km mo alamin….

  7. adi Says:

    makasih banyak ceritanya,, semangatq jadi tumbuh kembali,, smoga nanti kami bisa sesukses kalian,, tapi apa di semua tempat bisa spt itu ya? kalian di kota mana ya?
    mohon petunjuknya lg? trims

  8. Mayo Says:

    Ijin di-save, buat referensi masa depan.

  9. ya ampun, beruntungnya kamu. saya “putus tengah jalan”…
    *keok…

  10. Yayat Nur Hidayat Says:

    oooh so sweet!!!
    ayo jumpa lagi.
    saya baru mengenal kalian disaat acara yang saya buat untuk client. ternyata kalian sangat menyenangkan!

  11. zie Says:

    thanks🙂

  12. Ancha Says:

    Dear aryan and indira, sy punya adik perempuan (muslim) dan rencana akan menikah dgn seorang pria asing (catholic), mohon sarannya bgm jika mau mengurus pelaksanaan pernikahan mereka yg beda agama, kira2 kemana saya harus mengurusnya. Thanks before

  13. panser Says:

    Wah…senang sekali baca ini….gw jadi tenang…karena gw juga ngejalanin hubungan beda agama…gw hampir putus asa sama hubungan ini…tapi gw gabisa boongin hati gw kalo gw itu sayang dan cinta sama dia dan gamau pisah sama dia…ok thanks banget ya semoga keluarganya bahagia ya…amiiiinnn…

  14. panser Says:

    Hmm…tapi gw kristen protestan…bukan katolik…bagaimana ya? Ya tuhaann…😦

  15. sri Says:

    hahaha.. nice .. cukup ringan cara nyampeinnya.. dan yang pasti infonya cukup membantu kami yang memiliki cerita yang sama dengan mbak. thanks..:)

  16. langit Says:

    wah luar biasa.. semoga nanti kami bisa seperti kalian🙂

  17. Lya Says:

    Thanks sharingnya, membantu βǝϞƍέ† buat ªkυ͡ skrg.. Mdh2n dy bisa ngerti stelah baca artikel ini.. ☆˚◦°•˚◦♥ O:) äмiëπ O:) ♥˚◦°•˚◦☆

  18. Lin Chan Says:

    Terima kasih sharingnya…
    Sangat membantu…
    Apakah semua kota bisa??

  19. Lila Says:

    Indi, boleh minta no.yg bs dihubungi? Atau email mungkin.
    Aku minta info ttg gmn awal daftarnya buat akad,,buat pemberkatan, dan catatan sipilnya. Di jakarta kan? Ditunggu ya. Thanks.

  20. Novianti Says:

    ngga tau kenapa saya setiap pacaran pasti beda agama , dan sekarang pun sama beda agama juga, karna dulu usia belum dewasa jadi biasa aja tidak terlalu pikir tentang penikahan, tapi sekarang usia dah 20 th saya lagi mikir gimana caranya saya bisa menikah tapi tetap agama masing masing, Boleh saya minta nomeor tlp yang bisa di hubungin atau emai , untuk komunikasi info cara dan persayaratan dan kemana aja ? di tunggu infonya iya . Thanks

  21. dewu Says:

    Aduh jdi terharu, skrng ak di posisi yg sma tpi gmna cara nikahnya apa bisa kya gtu ?

  22. momo lavigne Says:

    nice share,,
    aku jg sama, bahkan aku smpai saat ini berusaha utk mempertahankannya,,
    yg jadi pertanyaan saya,,(buat semua)
    >>kalo ortu masing2 gx setuju,, gmn??<<
    (khusus yg Muslim)
    "Syarat akad nikah itu hanya 5" tapi jgn lupa,, itu syarat untuk menikah se-IMAN,, bukan beda IMAN,, lha trus,, HUKUM dalam agamanya apa y jika syarat nikahnya gx trpenuhi?
    jadi, tlg kalo bisa kita sama2 bijak dalam memberi pengalaman dan komentar,,

    Mohon maaf sebelumnya,, emng komentar ku agak beda,, (nyeleneh sendiri),,
    aku kepikiran lho bagaimana bisa terus layaknya mbk Indira Bayurini yg akhirnya bisa menikah dan punya penerus,,
    tapi aku jg kepikiran aku dsini cuma numpang hidup,, nanam bekal buat di akhir nnti,,
    bagaimana pun,,thanx ya mbk Indira Bayurini,,
    semangtku mmprtahanknny ttap ada, gx kurang gx lebih
    semoga keluarga mbk langgeng smpai ujung usia,,
    amin,,

  23. Falufi Says:

    Keren ceritanya, inysaAllah saya akan menyusuk tahun ini menikah dengan pacar saya yang katolik.

  24. yunita hapsari Says:

    Thanks banget mbak untuk sharingnya..semoga cita2 saya dan pasangan bisa happy ending kyak keluarga mbak..insightful sharing!

  25. Kristi Says:

    jadi nguatin niat gw yg udah hampir putus asa..either way different or no different , we all were created as one at the beginning and i will proudly say my religion is to love each other as human being.

  26. Kenny Says:

    Mau tanya pertanyaan ga penting :p….

    Nama anaknya bagussss bangetttt… Gmana caranya?

    #baladalagisiapinnamaanakpertama

  27. agung Says:

    Ada contact person yg bisa dihubungi?? Riwayat saya copas banget seperti kalian..kiranya bisa membantu pengarahan dan pencerahannya…trim’s


Leave a Reply

