IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Tips: Pacaran Beda Agama January 8, 2011

Filed under: Tips — IRIndonesia @ 5:10 pm
Tags: ,

Oleh: Vista Puri Cendhani

Sayangnya panah cupid tidak memandang bulu. Si anak tengil yang kerjaannya bikin orang jatuh cinta itu menembakkan panah tanpa melihat apa agama dari korban panah cintanya. Kalau sudah begini, suatu hubungan pacaran bisa sangat rumit. Keluarga hampir pasti tidak setuju dan akan berusaha sekuat tenaga untuk memisahkan kamu dan pasangan beda agamamu.

Agama merupakan kumpulan-kumpulan prinsip kehidupan yang sudah didoktrin ke dalam diri kita sejak kecil. Karena suasana religi di Indonesia masih sangat kental, maka tuntutan agama seringkali masih mewarnai kehidupan kita. Agama mempengaruhi kebijakan pemerintah kita, persepsi orang-orang Indonesia dan tentu saja menjadi salah satu standar nilai dari perilaku kita sehari-hari. Sejauh apapun kita ingin membebaskan diri dari norma tersebut, tetap saja, yang namanya hidup di Indonesia tidak akan terlepas dari nilai-nilai agama.

Indonesia adalah suatu negara yang isinya berbagai agama. Jadi wajar saja kalau terjadi hubungan mesra lintas suku, budaya maupun agama. Namun hampir semua keluarga menuntut anak-anaknya untuk mencari pasangan yang seagama dengannya. Bahkan pernikahan seorang muslim dengan non-muslim dianggap tidak sah. Negara pun tidak melegalkan pernikahan berbeda agama. Bisa dibayangkan sulitnya jika perpacaran dengan orang yang berbeda agama dengan kita.

Kalau sudah begini, suatu hubungan pacaran bisa sangat rumit. Keluarga hampir pasti tidak setuju dan akan berusaha sekuat tenaga untuk memisahkan kamu dan pasangan beda agamamu. Belum lagi perbedaan ritual keagamaan yang melahirkan perbedaan cara hidup bahkan prinsip kamu dan pasangan kamu. Hubungan biasa tanpa halangan saja sudah cukup menguras energi. Apalagi ditambah dengan gangguan-gangguan dari keluarga dan perbedaan nilai dasar kalian. Pacaran beda agama merupakan tantangan yang tidak mudah untuk ditaklukkan.

Jika kamu diantara orang-orang yang berpacaran dengan orang yang beda agama, ada baiknya kamu membaca tips-tips dibawah ini:

  • Tentukan seberapa dalam tingkat kereligiusan kamu. Jika kamu adalah seseorang yang cukup religius, kemungkinan kamu mengalami konflik besar dalam menjalani hubungan pacaran kamu. Kamu sangat sayang dengan pasangan kamu tapi kamu merasa pesimis akan menikahinya karena kamu punya mimpi membangun keluarga yang sangat religius. Keadaan ini bisa sangat memberatkan suatu hubungan, karena kamu jadi maju-mundur dalam membangun hubungan yang baik dengan pasanganmu.
  • Renungkan pandangan orang tua kamu dan pasanganmu terhadap hubungan intim yang terjalin antar agama. Jika orang tua kamu termasuk orang yang terbuka dengan perkawinan beda agama, maka kamu bisa bernafas lega. Namun jika sebaliknya, kamu dalam masalah besar. Pasangan yang tidak disetujui orang tua biasanya menjalin hubungan dengan diam-diam alias backstreet. Backstreet bukan saja melelahkan tapi juga membuat hubungan kamu dan orang tuamu merenggang karena kamu pastinya akan banyak menutup-nutupi dan beralasan jika ingin kencan dengan pasanganmu.
  • Renungkan bagaimana penghayatanmu tentang relasimu dengan keluarga. Apakah kamu tipe orang yang mau menentang perintah orang tua? Apakah kamu menginginkan pernikahan yang direstui orang tua? Bagaimana perasaanmu jika kamu menentang permintaan dari orang tua? Bagaimana perasaanmu saat kamu mengecewakan mereka? Jika kamu merasa dapat mengatasi semua perasaan negatif yang akan muncul, maka kamu masih dapat memperjuangkan hubungan ini. Jika tidak, ada baiknya kamu kembali mengevaluasi hubungan kamu sehingga keruwetan masalah ini tidak semakin lama dan melebar.
  • Selanjutnya, kamu harus berempati terhadap pasangan kamu yang sama dag-dig-dugnya dengan kamu. Saran saya, jangan pusing sendiri dengan masalah ini. Meskipun ini merupakan masalah internal keluarga kamu, pasangan kamu pantas untuk diberitahu bagaimana keadaan hubungan kalian sehingga dia tau dimana posisinya. Keadaan serba tidak tau menimbulkan perasaan frustrasi pada pasangan kamu yang tentu saja dapat memperkeruh masalah. Disaat-saat seperti inilah kalian harus menjadi sebuah tim yang mengatur taktik dan mengambil segala keputusan bersama.
  • Renungkanlah bagaimana keadaan hubungan kamu. Apakah ada masalah lain yang muncul selain dari isu agama? Masalah beda agama yang cukup besar punya kemungkinan besar untuk menutupi masalah-masalah lain yang bisa mempengaruhi kelangsungan cerita cinta kamu.
  • Ingatlah jika kamu tidak harus dan tidak bisa menyenangkan semua pihak. Saat ada dua kepentingan bertentangan, kemungkinan ada salah satu pihak yang dimenangkan dan satu dikalahkan. Ambillah keputusan yang paling sesuai dengan apa yang kamu inginkan, karena biar bagaimanapun, hidup ini adalah hidupmu dan semua pilihan beserta konsekuensi masing-masing ada ditangan kamu.
  • Jika akhirnya kamu memilih untuk bertahan, bersiap-siaplah untuk menguras banyak energi untuk membuat hubungan kamu berhasil. Cinta memang pantas untuk diperjuangkan. Tapi jika kamu memilih untuk menyudahi hubungan kamu dan kembali ke ideologi agama dan keluarga, pastikan kamu menyudahi hubungan itu dengan baik dan dewasa. Apapun pilihan kamu, memilihlah dengan hati dan otak yang jernih dan bertanggung jawablah dengan pilihan hidup kamu.

Good Luck!!

 

2 Responses to “Tips: Pacaran Beda Agama”

  1. tria saputra anastasia meilly Says:

    saya seorang muslim dan memey seorang kristiani…kmi memutuskn untuk mngakhiri smuanya dan mempunyai motto biarlah seperti pasir dalam genggaman dan biarlah seperti air yg mengalir…

  2. keke Says:

    Q seorg muslim dan cow qu seorg nasrani kami pcrn dah lama….
    tp aq gak yakin2 bisa sama2 dia trus…. tp buat mengakhiri na qu pon gak sangup…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.