IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Film Tentang Pasangan Beda Agama (II) December 22, 2010

Filed under: Film — IRIndonesia @ 7:14 pm
Tags: , , , ,

6. My Name Is Khan

Film dimulai saat seorang anak, Rizwan Khan, seorang muslim yang mengidap sindrom Asperger, hidup bersama ibunya di Mumbai. Saat ia dewasa, Rizwan pindah ke San Fransisko dan hidup bersama adik dan iparnya. Selama disana, ia jatuh cinta kepada Mandira yang seorang Hindu. Ketika Rizwan menyatakan niatnya kepada keluarga, mereka menolak karena ada perbedaan diantara Rizwan dan Mandira. Namun, Rizwan tetap menikah dengan pilihannya dan memulai usaha bersama.

Setelah peristiwa 9/11, Rizwan dan Mandira mulai menghadapi beberapa kesulitan. Banyak orang bersikap sinis terhadap agama yang diyakini Rizwan, puncaknya mereka berpisah karena Mandira kehilangan anaknya. Dengan berbagai usaha, Rizwan kembali memenangkan hati istrinya. Bahkan bukan hanya hati istrinya dimenangkan, tapi juga hati banyak orang. Dia menghilangkan sikap sinis banyak orang terhadap Islam setelah melewati sejumlah petualangan diberbagai negara bagian di Amerika.

“My name is Khan and I am not a Terorist!”

Lihat sekelumit videonya di sini

7. Cin(T)a

Film ini berset di Bandung, Agustus 2000. Cina pemuda keturunan Tionghoa, mahasiswa baru arsitektur ITB yang brilian dari Tapanuli. Seorang Kristen yang taat. Dan Annisa, aktris, juga senior Cina yang sudah tingkat akhir di kampus, yang kuliahnya terhambat karena kariernya di dunia film. Berasal dari keluarga Jawa yang kental dengan unsur Islam. Annisa dan Cina selalu bertemu di waktu dan tempat yang tak terduga, termasuk di tempat refleksi tempat bekerja Cina.

Pertemuan tak terduga juga terjadi di kampus. Cina yang tiba-tiba keluar dari pintu mengejutkan hingga membuat desain rancangan Annisa hancur. Cina pun tertarik membantu menyelesaikan desain rancangan tugas akhir Annisa yang selalu ditolak oleh dosennya. Dari situ lah pertemuan mereka semakin sering dan hubungan mereka semakin dekat hingga akhirnya Cina membantu penyelesaian tugas akhir Annisa. Keduanya akhirnya saling jatuh cinta.

Saat saling bertukar cerita mengenai siapa pendamping hidup mereka kelak, annisa bercerita sudah dijodohkan Ibunya dengan seorang keturunan chinese beragama Islam. Sedangkan Cina ingin istrinya kelak mencintai Tuhannya lebih dari dirinya. Kehidupan mereka sehari-hari pun terus bergulir dengan diisi berbagai diskusi mengenai perbedaan agama mereka. Pergulatan pendapat tentang konflik agama dikemas dengan diskusi yang santai, bahkan menyentuh masalah apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan oleh Islam maupun Kristen.

Akhir kedua tokoh ini memang tidak gembira, Annisa dijodohkan ibunya, tapi film ini menyelipkan berbagai memori dari beberapa pasangan yang berbeda agama. Mereka menjelaskan keharmonisan walaupun hidup dengan memegang keyakinan masing-masing.

Lihat sekelumit videonya di sini

8. CINtA

Film pendek ini berdurasi 28 menit karya anak tingkat akhir IKJ, Steven Facius Winata. Mengisahkan A Su yang seorang pria keturunan Tionghoa mencintai Siti seorang muslimah. Mereka saling mencintai hanya perbedaan menghalangi. Siti pun akan dijodohkan oleh orangtuanya dengan pria muslim lainnya, sementara ayah A Su (Henky Solaiman) tidak akan mengakui A Su sebagai anak lagi jika ia menikahi Siti.

Lihat sekelumit videonya di sini

9. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

Rosid adalah muslim keturunan Arab yang keluarganya masih memegang tradisi Arab. Sementara kekasihnya adalah Delia, Manado Katolik dari keluarga yang taat. Hubungan mereka mendapat tentangan dari keluarga masing-masing, dan berusaha memisahkan. Orangtua Rosid hendak menjodohkan Rosid dengan anak temannya dan orangtua Delia memilih cara mengirimkan Delia sekolah ke Amerika. Tapi mereka memberontak dan tetap menjalani hubungan walau akhirnya berpisah juga.

Lihat sekelumit videonya di sini

10. In The Name Of God

Film asal Pakistan ini mengisahkan pro-kontra dalam agama Islam melalui kehidupan dua musisi bersaudara, Manshoor dan Sarmad. Hubungan beda agama terselip dalam film. Hubungan tersebut dialami Mary, seorang gadis warganegara Inggris keturunan Pakistan yang semenjak lahir hidup di London.

Ayah Mary tidak tahan dengan gunjingan komunitas agamanya, akibatnya sang Ayah tidak menyetujui hubungan Mary dengan pria non muslim. Ia pun menipu Mary. Ia menikahkan paksa Mary dengan Sarmad yang sudah meninggalkan karir bermusik dan memilih mendalami Islam garis keras. Mary pun tinggal di daerah terpencil di perbatasan Pakistan- Afganistan, itu cukup menyiksanya. Ia pernah berusaha kabur namun gagal sampai akhirnya pemerintah Inggris menyelamatkannya.

Lihat sekelumit videonya di sini

 

One Response to “Film Tentang Pasangan Beda Agama (II)”

  1. Louise Says:

    mau cari film CINtA yang fullnya dimana ya ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s