IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Duaa Khalil Aswad December 20, 2010

Filed under: Tokoh — IRIndonesia @ 12:57 am
Tags: ,

Duaa Khalil Aswad, seorang gadis, harus mengalami peristiwa tragis. Gadis berusia 17 tahun itu tewas dilempari batu oleh kaum pria dari agamanya sendiri.

Kejadian memilukan ini terjadi di Irak utara. Satu-satunya kesalahan yang dilakukan Duaa Khalil Aswad hanyalah jatuh cinta pada pria dari sekte agama lain. Pria tersebut merupakan kaum muslim Sunni. Sedangkan sang gadis seorang Yazidi, sebuah sekte agama di Irak. Namun bagi paman dan saudara-saudara sepupu Duaa, ‘kejahatan’ itu sudah cukup menjadi alasan bagi mereka untuk menghukum perempuan muda itu hingga tewas. Sebelum tewas, Duaa dicekik, dihempaskan ke tanah, langsung saja belasan pria secara keroyokan menendangnya. Melempari dengan batu. Seseorang bahkan sempat memukulkan blok beton ke bagian belakang kepala sang gadis. Darah segar langsung mengucur deras dari kepalanya. Gadis itu akhirnya berhenti bergerak. Namun batu-batu dan tendangan terus menghampiri tubuhnya yang sudah tak berdaya. Sementara para pria yang melakukan kekejaman itu berteriak-teriak senang. Darah segar yang “membasuh bumi” itu sebagai saksi bisu cintanya pada sang kekasih. Duaa mati di tangan para lelaki binatang berhati iblis yang membunuhnya dengan alasan menjaga kesetiaan pada agama.

Kejadian brutal di Desa Bashiqa tersebut sempat direkam dan videonya muncul di internet dan menjadi fokus pemberitaan sejumlah media televisi, termasuk CNN. Video berdurasi 2 menit 31 detik itu tidak terlalu tajam; tampaknya diambil dengan handphone atau kamera-video beresolusi rendah. Meskipun gambarnya sering goyang, tapi peristiwa yang direkam cukup jelas. Organisasi-organisasi wanita mencetuskan, video tersebut menunjukkan bahwa Irak kembali mengalami kemunduran.

Gargari, seorang anggota parlemen dari suku Kurdi, mengecam pembunuhan Duaa. Namun diimbuhkannya, pada Februari lalu seorang wanita Sunni dibunuh oleh keluarganya sendiri karena menjalin hubungan dengan seorang pria Yazidi. Tapi sayang, tak seorang pun membicarakannya. Tak ada yang merekamnya.

Lihat videonya di sini

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s