IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Pasangan Populer Beda Agama Dalam Negeri (I) February 26, 2012

Filed under: Tokoh — IRIndonesia @ 1:46 am
Tags: , ,

Berikut adalah foto dan profil singkat pasangan populer beda agama dari dalam negeri:

1. Jamal Mirdad dan Lydia Kandau

Lydia Kandou beragama Kristen dan Jamal Mirdad beragama Islam. Mereka nekad melaksanakan pernikahan berbeda agama di Indonesia dan memperjuangkan status mereka mati-matian di Pengadilan Negeri. Peristiwa yang terjadi tahun 1986 tersebut begitu menggemparkan. Tentangan dan kecaman dari agamawan dan masyarakat menghantam secara bertubi-tubi pasangan ini, termasuk dari ibu Lydia.

(…)

2. Katon Bagaskara dan Ira Wibowo

Katon Bagaskara beragama Kristen Katolik, sementara Ira beragama Islam. Mereka menikah tanggal 28 Oktober 1996. Sebelum menikahi Ira, Katon pernah menikah. Dari pernikahan pertamanya, Katon dikaruniai seorang putri cantik bernama Chika Putri Bagaskara. Sedangkan pernikahannya dengan Ira dikaruniai dua anak, Andhika Radya Bagaskara, dan Mario Arya Bagaskara.

3. Mayong Suryo Laksono dan Nurul Arifin

Mayong Suryo Laksono beragama Katolik dan Nurul Arifin beragama Islam. Mereka menikah di Yogyakarta pada tanggal 28 Desember 1991.

4. Otto Cornelis Kaligis dan Alfa Lolita

Pengacara kondang berdarah Manado dan beragama Katolik yaitu Otto Cornelis Kaligis atau biasa disapa OC Kaligis menikah dengan Alfa Lolita yang berdarah Jawa dan beragama Islam. Artis Velove Vexia Kaligis adalah anak pasangan tersebut.

5. Adrie Subono dan Chrisye

Adrie Subono adalah pendiri Java Musikindo, promotor musik dan kemenakan dari presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie. Ia yang beragama Islam menikah dengan Chrisye yang beragama Kristen. Adrie menerapkan prinsip demokrasi bagi ketiga anaknya -Melanie, Christy, dan Adrian- untuk memilih agama. “Pada dasarnya semua agama sama. Tidak ada yang mengajarkan sesuatu yang buruk,” papar Adrie. Isu agama sejauh ini tak pernah mengganggu keharmonisan keluarganya.

Pilihan agama anak mereka kebetulan sesuai dengan jenis kelamin orangtua. Dua putrinya ikut agama ibu. Putranya masuk Islam bersama Adrie. “Keluarga saya ini benar-benar wujud kedamaian dalam beragama,” kata Adrie penuh syukur.

(…)

6. Ahmad Nurcholish dan Ang Mei Yong

Ahmad Nurcholish adalah penulis buku populer mengenai perkawinan beda agama. Ia yang beragama Islam menikah dengan Ang Mei Yong yang beragama Konghucu di Islamic Study Center Paramadina.

7. Frans Mohede dan Amara Lingua

Amara yang memiliki nama lengkap Tuwuhadijatitesih Amaranggana. Akrab dipanggil dengan Amara Lingua ini adalah salah satu personel grup vokal trio Lingua bersama Frans Mohede, yang kini menjadi suaminya. Amara yang beragama Islam menikah dengan Frans Mohede seorang Kristen Protestan pada 1 Desember 1999 di Hongkong. Pernikahan mereka telah dikaruniai dua orang anak namun pernikahan ini tak direstui oleh ibu Amara, yakni Itje Komar, karena perbedaan agama.

Mengenai agama sang anak, Frans dan Amara memutuskan bahwa agama anak mereka di usia kanak-kanak itu hanya untuk memberi dasar pemahaman. Kalau sudah besar, mereka menyerahkan pilihan pada anaknya. Frans dan Amara telah berkomitmen membimbing keberagamaan anaknya, apa pun agama yang dipilih.

(…)

8. David Bayu Danangjaya dan Sheila Delila

David Bayu Danangjaya atau David ‘Naif’ telah menikahi Sheila 11 tahun lalu. Pasangan Kristen-Islam ini dikaruniai dua anak Audrey Davis dan Jason Davis Madhipa Neswara.\

(…)

9. Andrew Garry White dan Natasya Maria Mirdad

Nana menikah dengan seorang aktor sinetron Andrew White yang usianya lebih muda darinya pada tanggal 13 Mei 2006. Seolah mengikut jejak kedua orangtua Nana, pernikahan ini juga memiliki perbedaan agama karena Nana seorang Protestan dan Andrew seorang Katolik, namun perbedaan itu dapat diatasi dengan baik.

(…)

 

4 Responses to “Pasangan Populer Beda Agama Dalam Negeri (I)”

  1. eko sandra Says:

    Dari al quran al Baqarah(2):222 sudah jelas tertulis bahwa:

    “…Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman…”
    Pernikahan seorang muslim perempuan sudah menjadi hal mutlak diharamkan dalam islam, jika seorang perempuan tetap memaksakan diri untuk menikahi lelaki yang tidak segama dengannya, maka apapun yang mereka lakukan selama bersama sebagai suami istri dianggap sebagai perbuatan zina.

    • Glen Nawa Says:

      Suara hati adalah hukum Tuhan yang pertama dan yang utama, di atas agama apapun. Ikutilah suara hati anda.

  2. eko sandra Says:

    Pernikahan seorang muslim perempuan sudah menjadi hal mutlak diharamkan dalam islam, jika seorang perempuan tetap memaksakan diri untuk menikahi lelaki yang tidak segama dengannya, maka apapun yang mereka lakukan selama bersama sebagai suami istri dianggap sebagai perbuatan zina.

  3. Glen Nawa Says:

    Ikutilah suara hati anda. Sebab suara hati tak pernah berbohong dan tak pernah mengajarkan yang buruk. Suara hati adalah hukum Tuhan yang sudah ada sejak manusia diciptakan, jauh sebelum agama apa pun lahir. Orang yang tidak beragama bukannya tidak bisa diselamatkan. Di akhirat mereka akan diadili berdasarkan “sejauh mana hidup mereka sesuai dengan suara hatinya”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.