IRIndonesia

Interfaith Relationship Indonesia

Film Tentang Pasangan Beda Agama (I) December 22, 2010

1. Out Of Faith

Sebuah film dokumenter keluaran 2006 ini berdurasi 82 menit, mengisahkan tentang tiga generasi dari sebuah keluarga yang menghadapi permasalahan perkawinan beda agama, Yahudi dan Non Yahudi. Terdapat upaya untuk menutup adanya “perbedaan” di dalam keluarga, hanya saja memang hal itu sulit dihindari.

“Anda memang menginginkan sebuah keluarga yang memiliki kesamaan agama, tapi tentu itu tidak dapat dipaksakan kepada pasangan anda dan mendorong agar itu terjadi, karena itulah hal terburuk yang dillakukan dalam sebuah hubungan.”

Lihat sekelumit videonya di sini

2. David and Fatima

David dan Fatima ( Arab : داوید و فاطمه) adalah sebuah film drama tentang pria Israel-Yahudi yang mencintai wanita Palestina-Muslim. Film berdurasi 120 menit ini bersetting di Yerusalem, sebuah kota yang kontras dan konflik, di mana orang-orang Arab, Yahudi, Kristen dan Muslim bercampur baur.

Cinta mereka adalah terlarang. Meskipun mereka berusaha untuk menjaga rahasia cinta mereka, teman-teman mereka dan keluarga akhirnya mengetahui. Timbul reaksi yang cepat dan keras. David dan Fatima harus bertindak untuk menghindari kehilangan satu sama lain selamanya. Mereka menghadapi semua resiko demi cinta, mereka lari dari tanah di mana perkawinan di antara mereka adalah mustahil dan berkonsekuensi sama-sama mematikan. David dan Fatima bukan hanya mengalahkan tantangan yang datang dari keluarga mereka, tetapi juga dari nasib sendiri.

Menurut Danielle Pollack, yang bermain sebagai Fatima, “pesan utama dalam film ini adalah bahwa cinta menang, dan cinta adalah nomor satu. Cinta adalah Tuhan”.

“Only Crazy People Change The World”

Lihat sekelumit videonya di sini

3. Jodhaa Akbar

Film Bollywood berdurasi dua setengah jam ini berset pada abad keenam belas. Roman epik yang konon katanya sebuah kisah nyata mengisahkan perkawinan antara dua budaya dan agama. Film ini dimainkan oleh Hrithik Roshan sebagai Emperor Jalaluddin Mohammad Akbar dan Aishwaria Rai Bachchan sebagai Jodhaa.

Jalaluddin Mohammad Akbar adalah seseorang yang berlatar belakang muslim dan Jodhaa lahir serta besar di Keluarga Hindu. Hubungan mereka hanya karena alasan politik. Jodhaa menegaskan bahwa ia akan tetap menjadi Hindu. Setelah sekian lama, akhirnya hubungan Akbar yang memang murah hati bersama Jodhaa perlahan demi perlahan berubah, di mana dua orang belajar untuk mengerti satu sama lain, merangkul budaya masing-masing dan perbedaan, hingga akhirnya benar-benar jatuh cinta.

Lihat sekelumit videonya di sini

4. Gadar: Ek Prem Katha

Film ini bermula tentang kerusuhan Hindu-Muslim, Tara seorang pria beragama sikh melindungi Sakina seorang wanita muslim dari gerombolan pembunuh yang mengejarnya. Hubungan yang tanpa disengaja ini kemudian menumbuhkan cinta. Tara dan Sakina pun menikah, dan menjadi orang tua dari bayi laki-laki. Hanya saja ayah Sakina menolak hubungan mereka.

Lihat sekelumit videonya di sini

5. Namastey London

Film yang sempat diputar di Indosiar ini mengisahkan tentang seorang gadis cantik Inggris keturunan India, Jasmeet yang akrab dipangil Jazz. Dia begitu menyukai budaya Inggris, dan orangtuanya tidak menyukai hal itu. Ketidaksukaan pun bertambah ketika mengetahui Jazz berniat menikah dengan pria Inggris yang bernama Charles.

Orangtuanya menginginkan Jazz menikahi dengan pria India. Untuk itu Jazz dipulangkan ke India, berusaha membuatnya meninggalkan kesukaannya terhadap budaya Inggris dan menanamkan budaya India. Sayangnya Jazz tetap tidak berminat pada India. Orangtua Jazz pun mengatur perkawinan dengan putra temannya, Arjun.

Jazz dan Arjun menikah walau Jazz tidak mencintai suaminya itu karena tidak bisa melupakan kekasihnya, Charles. Arjun yang mencintai Jazz pun ikut Jazz dan keluarganya kembali ke Inggris, namun Jazz membuat pernyataan mengejutkan karena menganggap pernikahannya dan Arjun di India tidak bisa dianggap sebagai pernikahan di Inggris. Orangtua dan Arjun berusaha mengubah pikiran Jazz, namun tidak berhasil. Akhirnya orangtua Jazz dan Arjun merelakan Jazz bertunangan dengan Charles.

Lantaran gembira akan bisa menikah dengan Charles, Jazz pun berusaha menjalin persahaban dengan Arjun. Mereka banyak melewatkan waktu bersama sebagai teman. Ternyata kebersamaan itu membuat Jazz jatuh cinta kepada Arjun, namun gadis tersebut tidak menyadarinya. Jazz dan Arjun pun hidup bersama di India. Di sisi lain kehidupan Jazz, ternyata sahabatnya yang bernama Imran mendapat masalah ketika ingin menikahi kekasihnya, Suzanne yang beragama Kristen.

Lihat sekelumit videonya di sini

 

3 Responses to “Film Tentang Pasangan Beda Agama (I)”

  1. Susan Says:

    dari mana saya bs mendapatkan film2 ini???skrg saya sdg membangun hub dengan pria berbeda agama, kami ingiiiiiiiin serius dan skrg saya sedang mencari referensi.thx

  2. […] This post was mentioned on Twitter by Yunitha Dewi, mari3ella and jessicalaurent, IRIndonesia. IRIndonesia said: Film Tentang Pasangan Beda Agama (I). Klik: http://twitlink.ws/5cp […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.